Borifile’s

hanya menyangkut file yang saya punya!!

dokumen Laporan PkL

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI “PEMANFAATAN INFRARED SEBAGAI MEDIA MENTRANSFER DATA”

Disusun Sebagai Syarat Untuk Mengikuti Ujian Nasional / Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2008 / 2009

Disusun Oleh : RIAN HIDAYATTULLOH NIT : 060710184

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NASIONAL TEKNIK KOMPUTER DAN PENGELOLAAN JARINGAN

Depok 2008 —————————————————————————————————————————————–

LEMBAR PERSETUJUAN

Laporan yang berjudul “ PEMANFAATAN INFRARED SEBAGAI MEDIA MENTRANSFER DATA ” telah disetujui oleh pembimbing dan siap dibawa ke sidang untuk dipertahankan.

Pembimbing,

M. Kasih Kurniawan, S.Kom

———————————————————————————————————————————————

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan Prakerin ini telah diteliti dan disetujui oleh kepala sekolah dan tim penilai SMK NASIONAL Depok sebagai syarat untuk mengikuti UAN dan UAS Tahun Pelajaran 2008-2009.

Tim Penguji Kepala Program TKPJ

Latif Mangkunegara, S.Kom Latif Mangkunegara, S.Kom

Mengetahui, Kepala SMK NASIONAL Depok

Drs. Abdul Samad, DN

——————————————————————————————————————————————

LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN

Laporan PRAKERIN telah disetujui, diteliti dan disahkan oleh tim penilai perusahaan ARTCOM DIVISION.

Pembimbing PRAKERIN ARTCOM DIVISION

RUDY DAWIN ——————————————————————————————————————————————

MOTTO SEMANGAT YANG TIDAK PERNAH PUTUS AKAN MEMBERIKAN JALAN YANG LURUS

——————————————————————————————————————————————–

LEMBAR PERSEMBAHAN

Penulis berterima kasih dan mempersembahkan laporan ini kepada Allah SWT. Baginda Rasulullah SAW yang membawa kita dari kegelapan menuju terang benerangnya peradaban, sesuai dengan syariah yang Allah tetapkan. Terima kasih yang tak terhingga kepada orang tua penulis tercinta yang telah memfasilitasi semua kebutuhan penulis, penulispun berterima kasih kepada para Guru dan Teman – teman NASAPALA yang telah membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung dan para pakar IT di Dunia yang menjadi inspirator penulis di dalam belajar dan menulis laporan ini.

——————————————————————————————————————————————-

KATA PENGANTAR

Penulis panjatkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia – Nya serta seiring salam penulis sampaikan kepada Baginda Rassulullah SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju terang benerangnya peradaban sesuai dengan syariah yang Allah tetapkan sehingga saya sebagai penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir atau Laporan PRAKERIN ini yang berjudul “ PEMANFAATAN INFRARED SEBAGAI MEDIA MENTRANSFER DATA ”. Walaupun penulis baru seumur pohon jagung di dunia IT tetapi tersusunya Tugas Akhir atau Laporan Prakerin ini didedikasikan untuk orang – orang yang baru atau sudah bergelut di dunia IT, semoga dapat bermanfaat dan dan dapat di kembangkan lagi oleh para pembaca, adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir atau Laporan PRAKERIN ini adalah sebagai kewajiban para siswa di SMK NASIONAL yang sudah melakukan PRAKERIN atau Praktek Kerja Industri, dan sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dan Ujian Akhir Nasional ( UAN ) Tahun Ajaran 2008 / 2009, selanjutnya saya sebagai penulis ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulisan baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu antaralain : 1.Kedua orang tua yang telah memfasilitasi semua kebutuhan penulis. 2.Kepala sekolah Bpk. Drs. Abdul Samad, DN. 3.Kepala Program jurusan TKPJ Bpk. Latif Mangkunegara, S.Kom, sekaligus sebagai Wali kelas 4.Rekan-rekan XII TKPJ 2 , yang telah memberikan pesan – pesanya yang sangat berarti. 5.Para anggota organisasi NASAPALA, yang selalu membuat penulis ceria dan selalu memberi semangat. 6.Dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Penulis berterima kasih sebesar – besarnya kepada semua yang di sebutkan di atas, dan khususnya penulis berterima kasih kepada pembaca karena tanpa para pembaca tidak ada artinya Tugas Akhir ataupun Laporan PRAKERIN yang telah penulis buat.

Depok, September 2008

Penulis

——————————————————————————————————————————————

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i HALAMAN PERSETUJUAN ii HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH iii HALAMAN PENGESAHAN PERUSAHAAN iv MOTTO v HALAMAN LEMBAR PERSEMBAHAN vi KATA PENGANTAR vii DAFTAR ISI ix BAB I PENDAHULUAN 1.1Latar Belakang Pemilihan Judul 2 1.2Perumusan Dan Pembatasan Masalah 2 1.3Maksud Dan Tujuan Penulisan Laporan……………………………….. 2 1.4Tujuan Pemilihan Judul………………………………………………… 3 1.5 Metode Penyusunan Laporan………………………………………….. 3 1.6Sistematik Penyusunan Laporan………………………………………… 4 BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 2.1Sejarah Berdirinya Perusahaan 7 2.2Struktur Organisasi Perusahaan 8 2.3Kegiatan Perusahaan 8 2.4Tujuan Perusahaan 9 2.5Tata Tertib Perusahaan 9 2.6Program PRAKERIN 11 2.7Persiapan Kerja 12 2.8Proses Kerja 13 BAB III LANDASAN TEORI 3.1Infrared 14 3.2Aplikasi Dan Layanan Infrared 15 3.3Infrared Teknologi Radio Jarak Pendek 16 3.4Persiapan Kerja 17 3.4.1Keselamatan Kerja 17 3.4.2Alat Dan Bahan 17 BAB IV PROSES KERJA 4.1Proses Penginstalan Driver Infrared 19 4.2Proses Transfer Data Dari Komputer ke Handphone 22 BAB V PENUTUP 5.1Kesimpulan 24 5.2Saran – saran 25 5.2.1Untuk Pihak Sekolah 26 5.2.2Untuk Pihak Perusahaan 26 DAFTAR PUSTAKA 28 DAFTAR RIWAYAT HIDUP 29

————————————————————————————————————————————————-

BAB I PENDAHULUAN

Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berlokasi di “ARTCOM DIVISION” yang berlangsung selama satu bulan, dimana dalam Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) penulis tidak langsung turun tangan dalam melakukan kerja praktek di bagian perakitan, penservisan, menginstall sistem operasi dan sebagainya pada sebuah komputer. Akan tetapi semua pekerjaan itu ditangani langsung oleh teknisi-teknisi yang telah berpengalaman yang ditugaskan untuk menangani pekerjaan atau permasalahan yang ada berdasarkan praktek. Jadi untuk pertama kalinya penulis melakukan PRAKERIN hanya memperhatikan, setelah berlangsung beberapa hari barulah penulis langsung turun atau kerja langsung di bidang atau bidang perakitan, penservisan, menginstal sistem operasi dan sebagainya pada sebuah komputer, Dan itu juga masih diperhatikan oleh teknisi-teknisi yang ada di “ARTCOM” agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengoperasian. Adapun kegiatan-kegiatan dan praktek oleh masing-masing penulis adalah sebagai persyaratan dalam rangka sidang prakerin dan sebagai bukti bahwa penulis benar-benar telah selesai melakukan PRAKERIN di “ARTCOM”.

1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul Penulis memilih judul “PEMANFAATAN INFRARED SEBAGAI MEDIA MENTRANSFER DATA” karena penulis ingin lebih mengenal tentang sebuah alat untuk mentransfer data dari komputer ke handphone, bagaimana komputer dapt saling berbagi data dan dapat berbagi sumberdaya yang dimiliki komputer dan handphhone itu sendiri.

1.2Perumusan Dan Pembatasan Masalah Dalam pembahasan tugas akhir atau Laporan Praktek Kerja Industri, penulis telah membagi pokok pembahasan yaitu pembahasan hanya mencakup tentang teransfer data dari komputer ke handphone.

1.3Maksud Dan Tujuan Penulisan Laporan Pada dasarnya Praktek Kerja Industri bertujuan untuk mena,bah wawasan dan pengalaman siswa dalam bidang yang ditekuninya di sekolah, adapun tujuan akhir adalah agar siswa dapat menerapkan dan mengembangkan keahliannya di dalam dunia kerjadengan kata lain latihan kerja Praktek Kerja Industri adlah sebagai berikut : 1.Memberikan suatu gambaran tentang laporan kerja yang sesungguhnya sebagai tolak ukur dalam pengembangan pribadi penulis. 2.Menambah pengetahuan dan keterampilan siswa sesuai dengan prodram studi. 3.Menambah pengalaman pribadi siswa itu sendiri. 4.Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kelulusan UAS/UAN. 5.Untuk menambah rasa tanggung jawabterhadap tugas yang di berikan.

1.4Tujuan Pemilihan Judul Bagi sisa yang telah melaksanakan Praktek Kerja Industri diwajibkan untuk menyusun Tugas Akhir atau Laporan Praktek Kerja Industri sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan, hal itu bertujuan untuk : 1.Untuk menyusun hasil yang telah diperoleh selama Praktek Kerja Industri. 2.Sebagai bukti siwa bahwasanya telah selesai melaksanakan Praktek Kerja Industri. 3.Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti UAS/UAN Tahun 2008/2009 di SMK Nasional. 4.untuk melatih siswa dalam menyusun laporan

1.5 Metode Penyusunan Laporan Dalam penyusunan laporan ini, sumber-sumber yang penulis ambil dan penulis peroleh dari hasil pengalaman penulis selama Praktek Kerja Industri di Perusahaan “ARTCOM”, adapun metode penyusunan laporan adalah :

1.Observasi/Penyelidikan Dalam menyusun langkah-langkah data ini penulis meninjau dan melakukan pengamatan khusus pada kedelamatan kerja di Perusahaan “ARTCOM”. 2.Study Pustaka Dalam pengumpulan data ini penulis memperoleh data berdasarkan pengalaman teori serta praktek-praktek di lapangan. 3.Kerja Lapangan Dalam pengumpulan data ini penulis memperoleh dari hasil praktek yang penulis lakukan di rumah.

1.6Sistematik Penyusunan Laporan Untuk memudahkan penyusunan laporan ini, maka sistematika penyusunan laporan ini sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN 1.1Alasan Pemilihan Judul 1.2Perumusan dan Pembatasan Masalah 1.3Maksud Dan Tujuan Praktek Kerja Industri 1.4Tujuan Pemilihan Judul 1.5Metode Penyusunan Laporan 1.6Sistematika Penyusunan laporan BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 2.1Sejarah berdirinya Perusahaan 2.2Struktur Organisasi Perusahaan 2.3Kegiatan Organisasi Perusahaan 2.4Tujuan Perusahaan 2.5Tata Tertib Perusahaan 2.6Pelaksanaan Praktek Kerja Industri 2.7Persiapan kerja 2.8Proses kerja

BAB III LANDASAN TEORI 3.1Infrared 3.2Aplikasi dan Layanan InfraRed 3.3Infrared Teknologi Radio Jarak pendek 3.4Persiapan Kerja 3.4.1Keselamatan Kerja 3.4.2Alat Dan Bahan

BAB IV PROSES KERJA 4.1Proses Penginstalan Driver Infrared 4.2Proses Transfer Data Dari Komputer Ke Handphone

BAB V PENUTUP 5.1Kesimpulan 5.2Saran-saran 5.2.1 Untuk Pihak Sekolah 5.2.2 Untuk Pihak Perusahaan

——————————————————————————————————————————————–

BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Berdirinya Perusahaan Rudy Dawin dan Rudy Tony adalah seorang wirausahawan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya KOMPUTER. Beliau selain itu pun memiliki dua usaha lain yakni ART DESIGN ( Exterior dan Interior ) dan ART PLASTIK ( Bed Cover, sprey, dsb ). Beliau sebelum mendirikan sebuah toko yang bertempat di Plaza Pinangsia, tahun 1991 ART COM DIVISION berdiri bertempat di Ruko Duta Harapan Indah kemudian ia pindah ke Plaza Pinagsia pada tahun 2001. Beliau pun sangat disiplin dalam menjalankan pekerjaannya, dan mencontohkan pada karyawam ditambah dengan sikap yang ramah dan sopan terhadap pembeli dengan kata ( we give you something different ) ” kami memberikan anda kepuasaan ”. Dalam menjalankan usahanya Bapak Rudy Dawin dan Rudy Tony mengangkat tiga orang karyawan yang bertugas membantunya yaitu karyawan bagian administrasi dan karyawan bagian teknisi, semua karyawan yang diangkat sangat disiplin, jujur dan bertanggung jawab dalam pekerjaannya. Beliau tidak hanya menjual perangkat-perangkat komputer baik Hardware maupun Software tetapi juga menservice komputer dan merancang Networking. Beliau lebih mengutamakan kualitas dari barang – barang yang diperjual belikan. Dalam melayani pembeli kejujuranlah yang sangat berperan dalam dunia bisnis. Itulah yang beliau terapkan oleh semua yang bekerja di usahanya. 2.2 Struktur Organisasi

Gambar II.1. Struktur organisasi perusahaan

2.3 Kegiatan Organisasi 1.Penjualan, Perakitan, Dan Perbaikan. a. Penjualan komputer dan accessories. b. Mendesain interior dan eksterior. c. Perakitan komputer, berbagai jenis meja , dll. d. Service komputer. e. Maintenance.

2.Supervisi Dan Administrasi Perusahaan a. Melakukan pengawasan para karyawan. b. Melakukan penelitian terhadap Software dan Hardware yang dibutuhkan oleh masyarakat.

2.4. Tujuan Perusahaan Sebuah perusahaan pasti memiliki tujuan dalam usahanya dimana usaha tersebut harus dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak. Dalam menggapai tujuan itu butuh pengorbanan, baik pengorbanan tenaga, pikiran, biaya, waktu, dll. Adapun yang menjadi tujuan perusahaan adalah sebagai berikut : 1.Membantu menyediakan kebutuhan masyarakat dalam era gelobalisasI. 2.Ikut menyediakan lapangan kerja. 3.Ikut mengenalkan masyarakat terhadap perkembangan komputer. 4.Ikut mengembangkan industri dibidang Teknik Elektro khususnya Teknik Informatika. 5.Membantu pemerintah dalam mengembangkan IPTEK.

2.5 Tata Tertib Perusahaan Pada dasarnya setiap perusahaan pasti mempunyai tata tertib dan peraturannya masing-masing baik tertulis maupun tidak tertulis. Tata tertib itu penting guna mendisiplinkan setiap orang agar orang tersebut mengerti tentang sopan – santun yang baik. Setiap perusahaan itu memiliki tata tertib dan peraturan yang berbeda – beda dengan perusahaan yang lainnya, namun pada dasarnya tata tertib itu memiliki tujuan yang sama. Begitu juga dengan perusahan yang dikelola oleh Rudy Dawin dan Rudy Tony. Dan adapun tata tertibnya adalah sebagai berikut : 1.Para karyawan harus datang terlebih dahulu sebelum pemilik perusahaan datang. 2.Para karyawan dilarang makan dan minum pada saat jam kerja. 3.Para karyawan harus bersikap ramah dan sopan terhadap pembeli. 4.Para karyawan harus dapat mengajak pembeli agar berminat membeli barang tersebut. 5.Selalu berpakaian rapi dan sopan. 6.Para karyawan harus meminta izin terlebih dahulu sebelum pergi keluar. 7.Memberitahukan terlebih dahulu kepada pimpinan, apabila karyawan yang bersangkuatan tidak masuk. 8.Para karyawan diwajibkan bekerja dengan sebaik mungkin. 9.Para karyawan dan siswa yang PKL semua bekerja sama dalam kerja agar dapat memberikan pelayanan yang baik agar customer puas.

Dengan peraturan dan tata tertib diatas, diharapkan agar para karyawan mau melaksanakannya. Disiplin merupakan kunci keberhasilan, Setiap orang yang melaksanakan disiplin pasti kelak akan mendapatkan kesuksesan disegala bidang. Dengan berdisiplin kita akan dipandang oleh semua orang, karena kedisiplinan akan membawa pada sesuatu yang bersifat positif.

2.6 Program PRAKERIN Sebuah perusahaan yang menyediakan tempat untuk PRAKERIN telah menyediakan program khusus bagi siswa untuk membantu atau mengerjakan pekerjaan karyawan yang ditunjuk sebagai pembimbingnya. Seperti halnya di ArtCom siswa mendapat suatu arahan atau bimbingan secara langsung dari teknisi maupun dari kepala bagian mengenai hal-hal yang ada hubungannya dengan komputer. Adapun program yang dikerjakan adalah sebagai berikut :

1.Minggu Pertama A. Pengenalan lingkungan PRAKERIN. B. Mendapat arahan dari kepala bagian. C. Memperhatikan cara kerja para Teknisi. D. Mengirim barang kegedung lain. E. Menutup toko. 2.Minggu Kedua a. Mensetting jaringan. A. Menginstall komputer. c. Packing ( mengemas barang ). d. Mengantar Barang. f. Menutup toko.

3.Minggu Ketiga i. Menawarkan barang. ii. Merakit komputer. iii. Menginstall program. iv. Mengantar barang. v. Packing ( mengemas barang ). vi. Menutup toko. 4.Minggu Keempat a. Service komputer. b. Membersihkan toko. c. Merakit komputer. d. Menginstall komputer. e. Menutup toko.

Dari kegiatan di atas penulis diharapkan dapat melakukan pekerjaan dengan baik agar pada saat melayani para pelanggan merasa puas atau tidak kecewa maka penulis harus bersikap ramah, sopan. Namun ada saja kekurangannya seperti kelalaian dalam bekerja dll.

2.7 Persiapan Kerja Setiap ingin melakukan pekerjaan atau praktek siswa terlebih dahulu melakukan persiapan-persiapan agar pada saat bekerja tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun beberapa persiapannya sebagai berikut : 1.Menyiapkan bekal dalam bekerja. 2.Selalu berhati-hati dalam bekerja. 3.Berdo’a sebelum memulai pekerjaan. 4.Selalu memperhatikan keselamatan kerja. 5.Keseriusan dalam bekerja.

2.8 Proses Kerja Sebelum melaksanakan pekerjaan ada baiknya siswa memperhatikan langkah-langkah kerja yang baik yang diberikan oleh para karyawan maupun kepala bagian guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan selama kegiatan PRAKERIN, diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Merakit komputer. 2. Menginstall komputer. 3. Menservice komputer. 4. Perawatan komputer. 5. Menginstall jaringan komputer.

———————————————————————————————————————————————

BAB III LANDASAN TEORI

3.1Infrared Nama infrared berasal dari kata latin infra yang berarti “bawah” dan red”merah” dan sinar infra merah ditemukan oleh Sir William Hershell, astronom Inggris ahun 1800. sinar ini dibentuk oleh radiasi elektromagnetik, yang reaksinya sama dengan cahaya, baik pemantulan maupun pembiasannya. Sebenarnya setiap objek di bumi ini mengeluarkan sinar infra merah berkaitan dengan suhunya. Semakin panas suatu objek semakin besar sinar infra merah yang di keluarkan. Uji coba komunikasai nirkabel sebenarnya mulai dilakukan antar kalkulator pada tahun 1998, setahun kemudian inra merah telah mampu menjalankan komunikasi data antar komputer mini seukuran yang popular diebut Laptop. Lebih lanut untuk memudahkan transfer data, infra merah diterapkan pada kelas produk elektronika yang lebih tinggi, yaitu komputer sub-notebook, notebook bahkan hingga komputer dekstop. Upaya itu diritis oleh persahaan komputer AS, hawlett Packard pada tahun 1992, hingga ditetapkan standarnya pada tahun 1993. Standar itu ditentukan oleh sebuah asosiasi yaitu Infrared Data Association (IrDA). Asosiasi ini didirikan oleh perusahaan PC dan Pheriferal terkemuka, diantaranya yang terbesar IBM, HPDEC, Microsoft, Texas Instument, Gateway, Adaptec, Sharp elektronic, dan Extended Sytem. Dengan munculnya standar itu, perusahaan diwajibkan menetapkan spesifikasi industri agrar produk nirkabelnya dapat berkomunikasi dengan semua jenis produk dan merk. Berdasarkan ketetapan itu beberapa perusahaan besar komputer kini telah memasrkan dan mengumumkan solusinya untuk mendukung standar IrDA pada produknya saat ini dan masa mendatang. IBM diantaranya menerapkan teknologi itu pada produk Pcnya. Begitu pula HP sejak tahun 1995 merintis pemasangan port Infra merah pada printer laser. Dengan teknologi komunikasi nirkabel printer dapat dinyalakan dan menerima transfer file dari komputer sekaligus mencetaknya. Perintah ini tentunya hanya dapat diberikan komputer yang dilengkapi denga sistem infra merah.

Gambar 3.1 Alat Transfer Data (Infrared)

3.2 Aplikasi dan Layanan Infrared Sebuah perngkat yang memiliki teknologi wireless infrared akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 mm, bahkan untuk daya kelas 1 bisa sampai hingga jarak 50mm. Infrared menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. Produk infrared dapat berupa PC Card maupun USB adapter yang dimasukan kedalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat di integrasikan dengan teknologi infrared antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera digital, Printer, router dan masih banyak peralatan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan layanan ini antara lain : PC to PC file transfer, pc to pc file synch (notebook to desktop), PC to mobile Phone, PC to PDA, wireless headset dan sebagainya.

3.3Infrared Teknologi Radio Jarak Pendek Pada sharing data antara computer dengan handphone disisni kita akan menggunakan teknologi infrared , Infrared merupakan teknologi yang berkembang sebagai jawaban atas kebutuhan komunikasi antar perlengkapan elektronik agar dapat saling mempertukarkan data dalam jarak yang terbatas menggunakan gelombang radio dengan frekuensi tertentu. Infrared adalah teknologi radio jarak pendek yang memberikan kemudahan konektivitas bagi peralatan-peralatan nirkabel. Jarak jangkauan dari peralatan infrared sangat bergantung pada kelas dari peralatan radio yang digunakan. Untuk peralatan mobile umumnya digunakan peralatan radio kelas 2 yang memiliki jangkauan sampai 10mm.

3.4Persiapan Kerja 3.4.1Keselamatan Kerja Keselamatan kerja itu sangat penting agar terhindar dari kecelakaan yang mengakibatkan kerugian yang sangat fatal, contohnya kehilangan nyawa akibat tegangan listrik yang membuat reflek memompa aliran darah dan degup jantung yang semakin cepat, maka dari itu keselamatan kerja sangat penting yaitu sebagai berikut : 1)Usahakan sebelum memasukan USB infrared ke komputer usahakan kaki kita berada pada posisi yang aman atau mengenakan alas kaki, 2)Tancapkan USB infrared ke slot USB yang masih kosong, 3)Pastikan perangkat Infrared terpasang dengan benar agar tidak terjadi troubelshoot seperti kendor yang mengakibatkan konslet pada port USB .

3.4.2Alat Dan Bahan Adapun alt dan bahan yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut : 1.Komputer berpentium, komputer dalam hal ini untuk mengakses Infrared. 2.Handphone, alt yang dijadikan sebagai sarana untuk pertukaran data. 3.Infrared, perangkat unruk menghubungkan komputer dengan Handphone. 4.Driver Infrared, biasanya sudah terdapat dalam paket pembelian infrared.

———————————————————————————————————————————————-

BAB IV PROSES KERJA

4.1Proses penginstalan Drive Infrared a.Infrared di hubungkan ke komputer kemudian akan muncul tampilan Found New Hardware Wizard Pilih Install the software automatically (Recomended) lalu klik Next>. Gambar 4.1.a. Tampilan Found New Hardware Wizard.

b.Kemudian muncul tampilan please select the best match for your hardware from the list below lalu klik Next>. c.Lalu akan muncul tampilan proses pencarian perangkat.

Gambar 4.1.c. Proses pencarian perangkat d.akan tampil dialog “Is The Hardware Connection” pilih “Yes” untuk mencari hardware yang telah terpasang pada PC.

Gambar 4.1.d. Tampilan Is the hardware conected. e.Lalu akan tampil pilihan hardware yang akan di instal. Pilih instal drive Infrared adapter.

Gambar 4.1.e. Tampilan Hardware yang akan di install f.Setelah itu akan tampil kotak dialog “Finish”.

Gambar 4.1.f. Tampilan berhasil menginstall hardware dan finish. 4.2Proses Transfer Data Dari Komputer ke Handphone 1.Pastikan Infrared pada handphone telah aktif atau telah dihidupkan.

Gambar 4.2.1. infrared pada handphone di aktifkan.

2. Pasang posisi Infrared handphone berdekatan dengan Infrared PC 3. Komputer akan mengirim data ke dalam handphone dengan menggunakan Infrared yaitu dengan cara kli kanan pada data yang akan di transfer ke dalam handphone, lalu Send To, A nearby komputer,

Gambar 4.2.3. Pengiriman data ke handphone.

4. Setelah itu akan ada proses dalam pengiriman data.

Gambar 08. Proses pengiriman data ke Handphone.

—————————————————————————————————————————————–

BAB V PENUTUP

Syukur alhamdulillah penulis ucapkan atas selesainya penulisan Buku Tugas Akhir ataupun Buku Laporan PRAKERIN ini yang berjudul “PEMANFAATAN INFRARED SEBAGAI MEDIA MENTRANSFER DATA” penulis mengucapkan terima kasih kepada Orang Tua yang memfasilitasi semua kebutuhan penulis dan kepada semua orang yang telah membantu baik secara langsung ataupun tidak langsung baik itu doa maupun dukunganya. Walaupun penulis baru seumur pohon jagung di dunia IT tetapi tersusunya Tugas Akhir atau Laporan PRAKERIN ini di dedikasikan untuk orang – orang yang baru atau sudah bergelut di dunia IT, semoga dapat bermanfaat dan dan dapat di kembangkan lagi oleh para pembaca, adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir atau Laporan Prakerin ini adalah sebagai kewajiban para siswa di SMK NASIONAL yang sudah melakukan PRAKERIN atau Praktek Kerja Industri. Dalam penulisan Buku Tugas Akhir atau Buku Laporan PRAKERIN ini mudah – mudahan berguna dan menjadi panduan untuk mengenal dunia IT lebih mendalam terutama hardware pada komputer.

5.1 Kesimpulan Selama penulis melaksanakan pelatiahan atau Praktek Kerja Industri di perusahaan ARTCOM, penulis mengambil kesimpulan yang erat kaitannya dan sangat penting antara dunia pendidikan dan dunia usaha, dalam hal ini penulis menyampaikan kesimpulan sebagai berikut : 1.Dengan menjalankan Praktek Kerja Industri, maka siswa /siswi dapat langsung menjalani apa yang telah dipelajari disekolah dan sekaligus beradaptasi di dunia kerja yang telah dilaksanakn selama di perusahaan. 2.Dengan adanya pelatiahan atau Praktek Kerja Industri, siswa/siswi apat merasakan bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya sangat sulit,berat, dan ketat dalam persaingannya. 3.Siswa/siswi dapat membandingkan dan membedakan tingkat tingkat dari kamampuan yang telah di dapat di dunia usaha dengan penerapan di sekolah.

5.2 SARAN-SARAN Dalam tugas akhir ini penulis akan memberikan saran-saran, baik yang ditunjukan kepada pihak sekolah maupun pihak perusahaan, mengingat kekurangan-kekurangan yang masih dirasakan penulis pada saat pada saat melakukan pelatihan atau Praktek Kerja Industri.

Adapun saran-saran yang penulis ingin sampaikan antara lain: 5.2.1 Untuk Pihak Sekolah 1.Penulis menyarankan kepada pihak sekolah agar alat-alat praktek dilengkapi dan ditambahkan dengan fasilitas program tambahan di dalam sebuah lab komputer. 2.Hendaknya pihak sekolah lebih meningkatkan mutu belajar serta lebih memotivasi siswa agar lebih kreatif. 3.Fasilitas sekolah lebih ditingkatkan. 4.Ciptakanlah suatu lingkungan yang nyaman untuk belajar. 5.2.2Untuk pihak perusahaan 1. Hendaknya pihak perusahaan lebih memperhatikan siswa-siswa saat melakukan praktek kerja lapangan. 2.Karyawan lebih membimbing siswa-siswa dalam melakukan tugas saat praktek kerja lapangan. 3.Karyawan lebih mencontohkan sikap- sikap yang baik kepada siswa – siswa dalam praktek kerja lapangan. Demikianlah hal-hal yang dapat dikemukakan sebagai saran dan usul, semoga hal ini dapat bermanfaat bagi sekolah. Apabila tedapat kalimat atau kata-kata yang kurang berkenan, maka dengan segala kerendahan hati penulis mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya. Segala kritik dan saran penulis terima dengan senang hati, semoga ALLAH S.W.T meridhoi penulisan Tugas Akhir atau Laporan Praktek Kerja Industri ini dan berguna bagi penulis,juga bagi para pembaca umumnya, dan dapat mengetahui lebih jelas dalam ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Tekhnik Komputer dan Pengelolaan Jaringan ( TKPJ ), karena dengan kemajuan teknologi informasi komputer, Negara ini akan menjadi lebih maju,kreatif, dan berwawasan, dikarenakan kemajuan ilmu teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Penulis ucapkan banyak terima kasih khususnya kepada kedua orangtua yang selalu membantu dan mendoakan penulis dalam setiap langkah-langkah dan tujuan dalam hidup dan juga dan juga kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan, sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir atau Laporan Praktek Kerja Industri.

——————————————————————————————————————————————-

DAFTAR PUSTAKA

Bastian Nugraha, TKPJ 2006. http://www.google.com. Gambar Infrared : Download 2008.

borifile.multiply.com

————————————————————————————————————–

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama : RIAN HIDAYATTULLOH

Nomor Induk Siswa : 060710184 Jurusan : Teknik Komputer dan Pengelolaan Jaringan Jenis Kelamin : Laki – laki Tempat dan Tanggal Lahir : Depok, 17 Juni 1991 Agama : Islam Anak ke : 3 Status dalam keluarga : Anak Kandung Alamat : Jl. ARIEF RAHMAN HAKIM #40 rt. 04 / 12 Telepon : 0819-321-909-61 E-Mail : boim@tis_imoet@yahoo.co.id Pendidikan Terakhir : 1. TK AL-MUHAJIRIN /1996 2.SDN DEPOK JAYA I /2003 3.SMPN 9 DEPOK /2006 4.SMK Nasional Depok 2008/ 2009

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: